Palang Kereta Otomatis Menggunakan PLC

a) PLC yang kami gunakan adalah PLC tipe CP1E
b) Prinsip Kerja Pada Palang Kereta memiliki 3 Sistem, yaitu Otomatis,Manual, dan Failsafe, berikut Penjelasanya:
1. OTOMATIS:
· Lampu Indikator standby system menyala,Ketika Kereta akan Mendekati area Perlintasan, maka palang kereta akan menutup secara otomatis, Lampu Hijau Padam, secara perlahan ketika palang Pintu mulai menutup, maka lampu kuning Menyala.
· Ketika Palang kereta Telah menutup dengan sempurna, maka lampu Kuning akan Padam, dan lampu Merah menyala.
· Kereta pun melewati area perlintasan, hingga pada saat telah selesai melintas, dan kearah menjauh dari Palang Perlintasan, Pintu Palang kembali membuka, Lampu merah Padam, Lampu kuning menyala.
· Hingga pada saat Pintu Palang membuka secara sempurna, Lampu kuning Padam, dan Lampu hijau menyala.
2. FAILSAFE:
· Pada Saat kereta akan melintas kearah area perlintasan, system Pintu Palang kereta yang telah di atur menjadi mode otomatis mengalami kegagalan system(FAIL), maka terdapat Lampu Indikator, yang akan menunjukan bahwa system auto telah gagal beroperasi,sehingga seorang Penjaga Palang Pintu Perlintasan Kereta bisa melihat indicator Tersebut dan menset Operasi Palang Pintu secara MANUAL.



3. MANUAL
· Ketika Pengoperasian Palang Pintu Kereta menggunakan Mode Manual, maka Penjaga harus menekan Tombol Tutup dan ditahan, hingga Palang Kereta telah Menutup sempurna, selama proses  penutupan, lampu Hijau Padam, Lampu Kuning menyala.
· Ketika Pintu Palang kereta telah menutup secara sempurna, maka  lampu kuning padam, Lampu merah menyala.
· Ketika kereta telah melewati area perlintasan dan menjauhi Pintu Palang kereta, maka Penjaga menekan dan menahan tombol buka,selama proses berjalannya Palang kereta untuk membuka, Lampu Hijau Padam, Lampu Kuning menyala.
· Hingga pada tahap dimana Palang kereta telah membuka secara sempurna, Penjaga melepas  tombol Tutup, Lampu kuning Padam , lampu hijau menyala.


TABEL PENGAMATAN INPUT-OUTPUT
INPUT DEVICES
OUTPUT DEVICES
MODE AUTO
0.01

INDIKATOR STBY
100.06
MODE MANUAL
0.03

MOTOR TUTUP
100.02
MODE EMERGENCY
0.04

MOTOR BUKA
100.03



LAMPU HIJAU
100.05



LAMPU KUNING
100.04
LIM DTG 1
0.05

LAMPU MERAH
100.07
LIM DTG 2
0.07

LAMPU INDIKATOR SENSOR FAULT
100.00
LIM PERGI
0.10











PB BUKA
0.02



PB TUTUP
0.00



INTERNAL RELAY
IR SYSTEM STANDBY
100.01




Comments

Popular posts from this blog

Simulasi Pintu Garasi Otomatis dengan CX-Programmer

Simulasi Rangkaian Conveyor Menggunakan CX - Programmer

Rangkaian Bel Kuis Menggunakan PLC